logo atas pa

Written by Muhammad Naufal Iman,S.Kom on . Hits: 159

Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara secara Elektronik di Mahkamah Agung RI

 
KarebaPASinjai- Selasa, 25 Juni 2024 Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Makassar diadakan acara sosialisasi dan monitoring penyelesaian perkara kasasi dan peninjauan kembali (PK) secara elektronik diikuti oleh PTA Makassar, PTA Sulbar, PTA Kendari, PTA Palu beserta pengadilan dibawahnya dan PTTUN Makassar, begitupula PTA Gorontalo dan PTA Papua berkesempatan mengikuti acara ini secara daring. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh KPA, Panitera dan operator SIPP se wilayah PTA Makassar. Pada kesempatan ini, Ketua Pengadilan Agama Sinjai Rokiah Binti Mustaring, S.H.I., M.H didampingi panitera Ismail, S.H., M.H dan Operator SIPP Muhammad Naufal Iman, S.Kom berkesempatan hadir secara langsung.
06 25 4
foto dari kiri Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H., Dr. Drs. . Khaeril R, S.H., MH.l dan Dr. H. Minanoer Rachman, S.H., M.H.
 
06 25 4
Para peserta sosialisasi dan monitoring penyelesaian perkara kasasi dan peninjauan kembali (PK) secara elektronik
 
Dalam sambutannya, KPTA Makassar, Dr. Drs. . Khaeril R, S.H., MH. menyampaikan ucapan terimakasih telah diberi kepercayaan kepada PTA Makassar sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat urgen dilakukan agar Kita dapat memahami mekanisme penyelesaian perkara secara elektronik di Mahkamah Agung (MA). MA dalam hal ini tidak main main dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan perkara secara elektronik khususnya kasasi maupun PK sangat membantu para pihak berperkara dengan cepat, sederhana dan biaya ringan. Penyelesaian perkara secara elektronik ini juga menjawab tuntutan masyarakat di era perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi. Semoga ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan lembaga, “ paparnya.
 
06 25 4
Dwi Sugianto, S.H., M.H. menyampaikan materi terkait Mekanisme Pengajuan Perkara Kasasi dan PK secara elektronik
 
Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Sekretaris Panitera MA RI bapak Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H. dalam pembukaannya beliau menyampaikan bapak Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H Tonggak hukum mengenai penanganan hukum secara elektronik 850 berkas pk yg sudah berjalan, aplikasi SIAP-MA diciptakan oleh pihak Mahkamah Agung sendiri tanpa keterlibatan vendor pihak lain. Penyelesaian perkara secara elektronik untuk mendukung cetak biru MA 2035, adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi dan monitoring ini adalah Dr.H. Minanoer Rachman, S.H., M.H sebagai Panmud Pidana dan Dwi Sugianto, S.H., M.H selaku hakim yustisial.  Begitupula dengan bapak Dwi Sugianto, S.H., M.H menjelaskan mengenai alur perkara. Dimulai dari penerimaan berkas, penelaan, register, distribusi ke ketua majelis sampai dikirim ulang ke pengadilan pengaju. Dan dilanjutkan secara teknis oleh Bapak Heru dari Ibu Mari yang memberikan contoh pengajuan kasasi dan pk dari pengadilan pengaju. Kegiatan ini berakhir pada pukul 14.00 WITA.

Hubungi Kami

info6

Klik gambar untuk akses lebih lanjut

Media

 

Copyright © 2024 Pengadilan Agama Sinjai All Right Reserved