logo atas pa

Written by Mufidah Idris, S.H. on . Hits: 181

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH HAKIM TINGGI PENGAWAS DAERAH (HATIWASDA) PENGADILAN TINGGI AGAMA MAKASSAR

Jumat, 17 Mei 2024. Pengadilan Agama Sinjai kedatangan Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Pengawasan Rutin/Reguler dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap objek-objek pemeriksaan yang meliputi Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi persidangan dan pelaksanaan putusan, Administrasi Umum, Kinerja pelayanan publik. Pengawasan rutin/reguler dilakukan dalam bentuk pemeriksaan, yaitu dengan mekanisme pengamatan yang dilakukan dari dekat, dengan cara mengadakan perbandingan antara sesuatu yang telah atau akan dilaksanakan, dengan sesuatu yang seharusnya dilaksanakan menurut ketentuan peraturan yang berlaku.

pengawasan 4

Pelaksanaan foto bersama dengan pengawas dari PTA Makassar

Dalam pelaksanaan pengawasan kali ini yang bertindak sebagai ketua tim pelaksanaan pengawasan yaitu bapak Drs. H. Hasbi, M.H, dalam pengawasan kali ini beliau mengawasi tata naskah penulisan berita acara sidang dan norma-norma pelaksanaan persidangan. Adapun pendampin ketua tim pelaksanaan yaitu ibu Dra. Hj. Nirwanah dan Bapak Dadang Soenandar Hamzah, S.E., M.H. mengawasi pada bagian pelayanan publik , pemeriksaan pembukuan keuangan perkara, dan administrasi kesekretariatan yang mencakup umum keuangan, kepegawaian,dan teknologi informasi.

Seluruh hasil dan temuan dan pemeriksaan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh para Hakim Pengawas Bidang baik dengan pelaksanaan tugas pokok di lingkungan kepaniteraan maupun kesektariatan serta evaluasi atas penyelenggaraan managemen peradilan, kinerja lembaga peradilan dan kualitas pelayanan publik, dituangkan dalam bentuk laporan tertulis atau berita acara pemeriksaan dengan susunan dan format yang sistematis, untuk selanjutnya dilaporkan kepada Ketua Pengadilan.

pengawasan 3

Foto Pengawasan  Ketua Tim PTA Makassar

Terhadap temuan-temuan atau hasil pengawasan yang memerlukan tindak lanjut para Hakim pengawas merekomendasikan kepada Ketua Pengadilan atau para pejabat yang berkopenten untuk segera menindak lanjuti hasil temuan tersebut, sehingga pada tahun-tahun berikutnya dapat disusun program kerja secara cermat dan tepat serta kendala-kendala yang ada dapat segera diantisipasi dan diselesaikan, sehingga tidak muncul lagi pada pelaksanaan tugas tahun anggaran berikutnya.

pengawasan 1

Foto Pengawasan Oleh Tim Anggota PTA Makassar

Pengawasan 5

Foto Pengawasan Oleh Tim Anggota PTA Makassar

Di akhir setelah Tim Pemeriksa Pengawasan dari Pengadilan Agama Tinggi Makassar melakukan pemeriksaan dan pengawasan, dilakukan Ekspos Hasil Pemeriksaan yang bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sinjai. Rapat ekspose dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sinjai Ibu Mudhirah, S.Ag., M.H. dan Tim Pemeriksa BAWAS yang terdiri dari Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Drs. H. Hasbi, M.H selaku Ketua Tim, dengan anggotanya Ibu Dra. Hj. Nirwanah dan Bapak Dadang Soenandar Hamzah, S.E., M.H.

pengawasan

Foto Kegiatan Ekspos Pengawasan PTA Makassar

pengawasan 2

Penyerahan Dokumen Pengawasan

 Hasil pemeriksaan dan pengawasan ini akan dijadikan dokumen laporan pengawasan dan selanjutnya sebagai tindak lanjut oleh Pengadilan Agama Sinjai akan dibenahi sebagaimana dengan temuan hakim pengawas Pengadilan Agama Tinggi Makassar.

Hubungi Kami

info6

Klik gambar untuk akses lebih lanjut

Media

 

Copyright © 2024 Pengadilan Agama Sinjai All Right Reserved